Memuat...

Peringatan Hari Tuberkulosis

Dalam rangka memperingati hari Tuberkulosis sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret 2017 nanti, Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan jalan sehat yang dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Maret 2017 dengan mengambil start dari pusat Kota Tomohon dan finish di halaman Kantor Walikota Tomohon. Disela-sela kegiatan jalan sehat ini, Wakil Walikota Tomohon Ibu Syerly Adelyn Sompotan didampingi Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc bersama unsur terkait melakukan kegiatan “Ketuk Pintu” di beberapa rumah di kelurahan Walian Tomohon Selatan. Gerakan “Ketuk Pintu” adalah kunjungan ke rumah yang dilakukan oleh kader dengan tujuan untuk memberikan edukasi tentang tuberkulosis.

Setelah finish langsung dilanjutkan dengan senam Zumba bersama di lapangan Kantor Walikota Tomohon yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran Pemerintah Kota Tomohon bersama siswa-siswa SMP dan SMA yang ada di Kota Tomohon. Usai olahraga bersama, melalui peringatan hari tuberkulosis sedunia yang bertemakan “Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Bebas Tuberkulosis” dilaksanakan sosialisasi tentang penyakit Tuberkulosis yang diikuti oleh jajaran Pemerintah Kota Tomohon, para siswa-siswa dan unsur masyarakat yang dilaksnakan di aula lantai 3 Kantor Walikota Tomohon.

Wakil Walikota saat membuka kegiatan menjelaskan tuberkulosis merupakan masalah kesehatan masyarakat yang menjadi tantangan global dan nasional. “Berdasarkan laporan global tuberkulosis tahun 2015, Indonesia mempunyai beban tuberkulosis yang terbesar dari antara 5 negara yakni India, China, Nigeria, Pakistan. Untuk Kota Tomohon sendiri pada tahun 2016 ada 136 kasus tuberkulosis”.

Wakil Walikota Tomohon juga mengungkapkan melalui tema peringatan hari tuberkulosis tahun 2017 menjadi dasar dalam mengembangkan kegiatan mobilisasi masyarakat yang aktif dalam penanggulangan tuberkulosis. Kegiatan yang melibatkan masyarakat ini salah satunya adalah kegiatan “ketuk pintu” yang digagas oleh beberapa organisasi masyarakat seperti AISYIAH, NU, PPTI untuk penemuan kasus tuberkulosis secara aktif. Dari kegiatan ini Pemerintah Kota Tomohon mengharapkan adanya pengingkatan peran serta masyarakat serta pemangku kebijakan dalam mendukung program penanggulangan tuberkulosis, meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat untuk mencegah penularan tuberkulosis sehingga Kota Tomohon nantinya akan bebas tuberkulosis.

Dalam sosialisasi tuberkulosis ini Wakil Walikota Tomohon didampingi Sekretaris Daerah Kota Tomohon menyamatkan tanda penugasan kader serta menyerahkan perlengkapan untuk edukasi pelaksanaan kegiatan ketuk pintu 1000 rumah. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tomohon dr Deesje Liuw M Biomed, ketua Pelkesi Wilayah IV dr Nova Wulur SPOG, dan narasumber dr Paulus Harijanto SpPD, dan dr Mieke Rumambi.

Bagikan...