Memuat...

Paripurna DPRD

Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon dalam rangka mendengarkan penjelasan Walikota tentang rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kota Tomohon Tahun 2021-2026, dilaksanakan di ruang sidang DPRD, Se. nin (26/4/2021). Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH didampingi Wakil Walikota Wenny Lumentut SE dalam sambutannya menjelaskan rancangan awal RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 merupakan penyempurnaan rancangan teknokratik RPJMD yang berpedoman pada visi, misi dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih. Selaku Walikota bersama Wakil Walikota terpilih Kota Tomohon menyampaikan visi dan misi kami untuk di implementasikan dalam kurun waktu masa kepemimpinan yang dituangkan dalam dokumen RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026.

Adapun visi kami adalah “Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera” yang dijabarkan dalam lima misi yakni menjaga dan melestarikan Tomohon sebagai kota religius, peningkatan kesejahteraan masyarakat diberbagai sektor, menjadikan Tomohon sebagai kota wisata dunia, memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan, mewujudkan pelayanan pemerintahan yang bersih, efektif dan berintegritas.

Dalam mewujudkan visi misi ini tentunya dengan 20 program yaitu
pelayanan prima kepada masyarakat dari lahir sampai meninggal;
penyediaan akses air bersih kepada masyarakat secara merata;
penyediaan rumah sederhana layak huni;
penataan pasar Tomohon menjadi pasar tradisional modern;
peningkatan insentif bagi perangkat dan ASN;
insentif untuk rohaniawan;
peningkatan pelayanan sarana dan prasarana kesehatan;
bantuan sosial bagi lansia;
peningkatan santunan duka;
memberikan beasiswa bagi siswa dan tenaga pendidik;
penyediaan sarana kesenian dan olahraga di setiap kecamatan;
membuka akses ekonomi dan pariwisata meliputi Kayawu-Koha-Agotey sebagai penyangga kawasan ekonomi khusus likupang, mengingat Tomohon merupakan daerah terdekat ibukota Provinsi sehingga menjadi salah satu daerah berpotensi penyangga ekonomi;
pembuatan taman bunga Kota Tomohon;
pembuatan wisata air panas Lahendong;
pembuatan starting point wisata alam pegunungan;
melaksanakan event-event pariwisata lokal, Regional, Nasional dan Internasional;
pembangunan akses perkebunan dan pariwisata;
mekanisasi alat-alat pertanian, penyediaan bibit dan pupuk yang terjangkau bagi petani;
Tomohon smart city;
sinergitas pemerintah dengan Provinsi dan pusat untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan pelayanan masyarakat.

Kiranya sinergitas yang baik antara pemerintah, DPRD dan seluruh elemen masyarakat dapat terjalin demi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon yang kita cintai. Tujuan penyusunan RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 adalah sebagai acuan dalam mewujudkan perencanaan pembangunan daerah yang sinergis dan terpadu antara perencanaan pembangunan Nasional, Provinsi dan Kota. Terima kasih dan apresiasi yang tinggi untuk peran positif pihak legislatif yang nantinya akan melaksanakan pembahasan dalam penyempurnaan dokumen rancangan awal RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 dengan meningkatkan peran semua pemangku kepentingan, termasuk masyarakat dalam pengelolaan pembangunan daerah dengan mengembangkan pembangunan partisipatif, sinergitas, transparan dan akuntabel.

Kesempatan itu dilakukan penyerahan rancangan awal RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 dari Walikota Tomohon kepada ketua DPRD untuk dibahas. Rapat dipimpin Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah SE didampingi Wakil Ketua Drs Johny Runtuwene DEA dan Erens Kereh AMKL. Ketua DPRD menjelaskan dengan telah diserahkannya rancangan awal RPJMD dimaksud, maka pembahasan selanjutnya akan dilaksanakan antara Komisi-Komisi dan mitra kerja. Hadir dalam rapat tersebut, para anggota DPRD, Penjabat Sekot Jemmy Ringkuangan AP MSi, para Asisten Sekda, bersama unsur Perangkat Daerah terkait.

#tomohonhebat
Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Bagikan...